Dua Sisi Bagi Penerus Bangsa tentang Teknologi

Dua Sisi Buat Penerus Bangsa tentang Teknologi

Hari adalah putaran waktu yang terus berganti dan meninggalkan makna disetiap detiknya. Hari ini saya mau mengulas tentang konsekuensi kemajuan Teknologi terutama dalam hal Internet, lebih mudah diserap kita sebut Dunia Maya. Dunia Maya yang semakin digemari oleh masyarakat Indonesia yang sebagian besar diminati oleh mereka yang masih berusia remaja. Sangat berpengaruh bagi kehidupan baik hal itu berdampak positif atau pun negatif.

Saat ini tidak sulit mencari tempat yang menyediakan jasa internet, seiring dengan perkembangan zaman, kebutuhan dalam akses internet semakin besar. Kenapa begitu..!?? Tentu, segala informasi yang dibutuhkan masyarakat tersedia di internet. Tidak hanya itu, internet juga mudah di akses dimana saja, selain menggunakan perangkat komputer, juga bisa di akses melalui telepon seluler (ponsel).
Dunia informasi tanpa batas ini, adalah modal bagi pemuda pemudi penerus bangsa, segala informasi didunia dapat dipelajari dengan mudah layaknya membalikkan telapak tangan.
Berbagai ilmu pengetahuan mudah kita dapat di internet, informasi mengenai apapun dapat minta bantuan pintarnya "mbah google". Hal ini membantu pendidikan untuk menambah pengetahuan siswa/mahasiswa yang mungkin belum di dapat di bangku sekolah mau pun di meja kuliah. Sangat menunjang kan untuk perkembangan pendidikan, begitu positifnya jika dalam mengakses internet tersebut tidak disalah gunakan dengan tindakan yang merugikan diri sendiri mau pun orang lain. Namun jika kita lihat dari sisi negatifnya, begitu banyak juga hal yang harus diwaspadai. Tidak dapak dihempas dengan adanya kebebasan ini, dapat terjadi juga penyalahgunaan fasilitas internet sebagai sarana untuk menampung tindak kriminalitas dan asusila, banyak pemuda-pemudi penerus bangsa yang baru me
nenal Dunia maya (internet) yang hanya menggunakan teknologi ini untuk mencari hal yang aneh-aneh, seperti gambar tidak senonoh, video mesum yang sifatnya merusak akhlah bangsa serta dapat mempengaruhi jiwa dan kepribadian dari masyarakat/siswa itu sendiri, sehingga siswa terpengaruh dan mengganggu konsentrasinya terhadap proses pembelajaran disekolah. Dampak meluasnya adalah fakta tentang lemahnya pendidikan di bangsa ini. Namun demikian tidak semua pelajar melakukan hal yang demikian, hanya segelintir pelajar yang usil saja, hal tersebut karena pelajar yang penuh rasa ingin tahu yang mendalam dan kurang memiliki rasa tanggung jawab terhadap diri sendiri dan lingkungan disekitarnya.
Pada umumnya internet digunakan oleh pelajar untuk menggali informasi yang berhubungan dengan materi pelajaran, tugas-tugas yang mereka terima dari sekolah. Hal tersebut memungkinkan para pelajar menjadi lebih kreatif dan aktif dalam mencari sumber informasi dan ilmu pengetahuan dibanding pelajar yang hanya menerima ilmu dari Gurunya yang tentu tidak akan menjelaskan ratusan materi secara detail. Hal ini dapat menjadi sebuah motivasi terhadap pelajar untuk kiranya terus berkembang demi peningkatan kualitas pendidikan di bangsa ini. Pemuda-pemudi bangsa/remaja sangat rentan terhadap perubahan disekitarnya, mereka akan mengikuti hal paling dominan yang ada di lingkungannya. Dari itu, remaja akan mendorong kemana arah remaja itu berjalan, baik ke arah positif atau ke arah negatif tergantung dari mana remaja itu sendiri memulai.

Pemuda penerus bangsa yang kesehariannya bergemelut dengan internet, tentu akan lebih tanggap terhadap perubahan informasi disekitarnya, karena mereka sudah terbiasa dan lebih mengetahuin tentang informasi-informasi tersebut. Tetapi selain itu, remaja yang memiliki kecendrungan pada hal yang negatif, mereka akan tampak passif, karena hanya diperbudak oleh kemudahan dan rekaan informasi dari internet tersebut.
Apalah arti suatu tulisan tanpa suatu tindakan dan penerapan. Saudara-saudari ku di tanah air pertiwi, jagalah moral bangsa, mari kita bersama bangun bangsa ini dengan memanfaatkan teknologi (internet) secara sehat. Bukankah lebih baik membaca artikel yang membangun diri sendiri dan bangsa, dari pada membaca tentang kepribadian orang lain yang tentu tidak ada faedahnya bagi diri dan bangsa. Clickdeh disini untuk membaca internet sehat dari PT. XL Axiata.

Artikel Terkait



Terima kasih atas kunjungannya, semoga selamanya dapat berbagi informasi.

Tertawa dan Menangis

Tertawa dan menangis merupakan bagian dari spektrum emosi yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia, yang meliputi kesedihan, kegembiraan, kekagetan, ketakutan, cinta kasih, kebencian, dan kemarahan. Ekspresi diri tidak hanya berwujud gerakan, tetapi juga berupa berbagai reaksi emosional yang bermacam-macam itu. Hanya saja ada yang pelit, ada yang boros tertawa. Tetapi jangan pelit-pelit karena tertawa dan menangis bermanfaat bagi kesehatan. 1. Tertawa bisa melatih organ-organ tubuh. Tertawa terpingkal-pingkal akan menggoyang-goyangkan otot perut, dada, bahu, serta pernapasan, sehingga membuat tubuh seakan-akan sedang joging di tempat. Tertawa-terbahak-bahak selama satu menit sama dengan 45 menit olahraga yang mengeluarkan keringat. Bahkan, tertawa selama 20 detik efeknya sama seperti tiga menit mendayung atau joging pada kerja jantung. Sekitar 80 otot digunakan ketika kita tertawa sempurna sampai terpingkal-pingkal. Getaran yang dihasilkan membuat jantung berdegub lebih kencang, tekanan darah dan tingkat oksigen dalam darah yang dihasilkan naik bersamaan dengan akselerasi pernapasan. Sesudah tertawa demikian tubuh terasa rileks dan tenang, sama seperti orang habis berolahraga. 2. Tertawa akan menggerakkan Organ tubuh bagian dalam seperti diafragma torak, jantung, paru-paru, perut, dan membantu mengusir zat-zat asing dari saluran pernapasan.dengan mengaktifkan sistem endokrin sehingga mendorong penyembuhan suatu penyakit. Di samping itu tertawa sangat ampuh untuk meringankan sakit kepala, sakit pinggang, dan depresi. 3. Tertawa akan merangsang otak untuk memproduksi hormon tertentu yang pada akhirnya akan memicu pelepasan endorfin (zat pembunuh rasa sakit) yang diproduksi oleh tubuh. 4. Tertawa bisa membantu mereka yang sudah tua renta untuk tetap awet tua, sementara yang muda tetap awet muda, serta mempererat hubungan antara anggota keluarga. 5. Menangis akan menambah jumlah detak jantung karena melatih diafragma, otot dada dan pundak. 6. Air mata mengandung 25 % dari protein dan sebagian mineral, khususnya magnesium yang sarat dengan racun yang bisa dibuang. Di luar negeri, saat ini klub tertawa sudah menjamur. Di Amerika Serikat dan Kanada, sedikitnya ada 300-an klub tertawa. Juga sudah ada di beberapa kota di Indonesia. Namun diingatkan, "Kalau seseorang tertawa pada proporsi yang benar, itu artinya sehat, tapi kalau terlalu banyak ketawa, justru sebaliknya." Makanya, sering-seringlah tertawa demi kesehatan jiwa dan raga. Mumpung tertawa belum kena pajak.